Sabtu, 07 Januari 2012

Anak Jalanan

Anak jalan adalah anak yang terkatagori tak berdaya. mereka merupakan korban berbagai penyimpangan dari oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. untuk itu, mereka perlu diberdayakan melalui demokratisasi, pembangkitan, ekonomi kerakyatan, keadilan dan penegakan hukum, partisipasi politik serta pendidikan luar sekolah. pernahkah terlintas di fikiran kita lebih hebat mana anak jalanan/pengamen dengan kita? jika kita menjawab kitalah yang paling hebat . maka jawaban kita itu ialah salah mengapa salah karena mungkin kita melihat anak jalanan/pengamen yang selalu di benak kita adalah anak yang kotor, kumuh, dan nakal. memang semua itu benar, tapi ada suatu hal yang lebih berharga di balik ini semua itu. anak jalanan/pengamen mempunyai suatu keistimewaan yang tidak kita miliki. keistimewaannya adalah setiap hari mereka mampu melawan kekejaman kehidupan hanya untuk satu tujuan yaitu mencari uang untuk hidup satu hari. walaupun yang didapat sedikit namun mereka tetap bersyukur dan tak mengenal kata "putus asa" untuk kembali berjuang pada hari-hari selanjutnya.namun bagaimana dengan kita, kita tidak setiap hari merasakan kekejaman dunia, hanya pada waktu tertentu saja namun lebih parahnya kita selulu gampang berputus asa bila mengalami kegagalan dan yang lebih parahnya kita tidak pernah mensyukuri apa yang kita punya saat ini.  



  • Latar Belakang Anak Jalanan berkaitan dengan anak jalan, umumnya mereka berasal dari keluarga yang pekerjaannya berat dan ekonominya lemah. Anak jalanan tumbuh dan berkembang dengan latar kehidupan jalanan dan akrab dengan kemiskinan, penganiyaan dan hilangnya kasih sayang sehingga memberatkan jiwa dan membuatnya berprilaku negatif.   
  • Faktor-faktor yang Menyebabkan Anak Menjadi Anak Jalanan   Keadaan kota mengundang maraknya anak jalanan. Kota yang padat penduduknya dan banyak keluarga bermasalah membuat anak yang kurang gizi, kurang perhatian, kurang pendidikan, kurang kasih sayang dan kehangatan jiwa, serta kehilangan hak untuk bermain, bergembira, bermasyarakat, dan hidup merdeka, atau bahkan mengakibatkan anak-anak dianiaya batin, fisik, dan seksual oleh keluarga, teman, orang lain lebih dewasa.  Seorang anak yang terhempas dari keluarganya, lantas menjadi anak jalanan disebabkan oleh banyak hal. Penganiayaan kepada anak merupakan penyebab utama anak menjadi anak jalanan. Penganiayaan itu meliputi mental dan fisik mereka. Lain daripada itu, pada umumnya anak jalanan berasal dari keluarga yang pekerjaannya berat dan ekonominya lemah.                   
  Solusinya ialah seharusnya pemerintah lebih memperhatikan anak jalanan dan keluarga yang tidak mampu.  seperti membuat atau mengadakan suatu program yang dapat membantu meringankan bebat mereka sehingga tidak ada lagi keluarga miskin maupun anak jalanan. sehingga mereka semua dapat merasakan kehidupan yang layak tanpa harus berkerja keras lagi demi menyambung hidup



Tidak ada komentar:

Posting Komentar