Jumat, 05 April 2013

MENDENGARKAN LAPORAN dan MEMBEDAKAN FAKTA SERTA OPINI DARI LAPORAN



Laporan merupkan alat resmi untuk menyampaikan informasi faktual atau benar-benar terjad tentang sesuatu atau kegiatan. Laporan dibuat setelah melakukan kegiatan seperti penelitian, pengamatan, perjalanan, kunjungan, atau rapat. Laporan dapat disajikan secara tertulis dan lisan. Laporan disusun sesuai dengan urutan waktu dan tempat kegiatan yang dilakukan. Ini berarti laporan disusun dari awal sampai akhir kegiatan. Selain untuk menyampaikan informasi, laporan digunakan untuk kegiatan berikut:
1. Pertanggungjawaban bagi orang yang diberikan tugas
2. Dasar mengambil keputusan.
3. Alat melakukan pengawasan
4. Dokumen untuk bahan belajar
5. sumber pengalaman orang lain

 Informasi yang terdapat dalam laporan disebut pokok-pokok isi laporan. Pokok-pokok isi laporan merupakan apa yang dibicarakan dalam laporan. Contoh laporan yaitu laporan perjalanan atau kegiatan. Laporan perjalanan atau kegiatan memuat informasi berikut:
1. Kegiatan atau hal yang dilakukan
2. Waktu kegiatan itu dilakukan
3. Tempat kegiatan itu dilakukan
4. orang yang melakukan atau peserta kegiatan
5. Tujuan diadakan kegiatan
6. Proses berlangsungnya kegiatan
7. Suasana berlangsungnya kegiatan
8. Hasil kegiatan

Pokok-pokok isi laporan tersebut dapat berupa fakta dan opini. Fakata adalah hal atau kegiatan yang benar-benar ada atau terjadi. Setiap orang akan memiliki kesamaan dalam pengamatan fakta. Fakta dapat berbentuk gambar, tanggal peristiwa, data statistik, tabel, peristiwa, dan grafik.

Contoh fakta
Menurut grafik produktivitas pertanian, hasil panen padi di Desa Margorejo setiap tahun mengalami peningkatan.
Opini adalah perkiraan, pikiran atau anggapan tentang suatu hal. Pendapat orang mengenai suatu hal berbeda-beda. Perbedaan pendapat tergantung pada sudut pandang dan latar belakang yang dimilki. Pendapat dapat berupa saran, kritik, tanggapan, harapan, nasihat, atau ajakan.

Contoh opini
Fenomena penyusutan luas lahan pertanian, terutama persawahan di Pulau Jawa dan sekitarbkota-kota besar, menunjukan dinamkia perubahan pengguna tanah menjadi semakin intensif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar