Surat lamaran pekerjaan
adalah surat yang dibuat dan dikirimkan seseorang yang ingin bekerja di kantor,
perusahaan, ataupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat
resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan
dalam penulisannya.
Surat lamaran pekerjaan
dapat ditulis tangan ataupun diketik. Adakalanya, suatu perusahaan atau
instansi tertentu mensyaratkan secara khusus agar surat lamaran yang dikirimkan
calon pelamar ditulis tangan atau diketik. Jika surat lamaran ditulis tangan,
tulisan hendaknya jelas, mudah dibaca, rapih dan indah. Tujuannya memudahkan
orang lain membaca.
Bagian-bagian surat
lamaran pekerjaan seperti berikut:
1. Tempat, tanggal
pembuatan surat
2. jumlah berkas
3. maksud surat
4. alamat surat
5. salam pembuka
6. pembuka surat
7. isi, meliputi identitas
pelamar dan pernyataan mengajukan lamaran
8. kualifikasi pelamar
9. penutup surat
10. salam penutup
11. tanda tangan dan nama
pelamar
Selain itu, bahasa surat
lamaran pekerjaan harus memenuhi aturan sebagai berikut:
1. bahasa yang digunakan
harus sopan dan simpatik
2. kalimat yang digunakan
efektif dan komunikatif
3. menggunakan bahasa yang
baku dan ejaan yang tepat
Surat lamaran pekerjaan
dapat dibuat setelah calon pelamar mendapat informasi ada lowongan pekerjaan di
perusahaan atau instansi tertentu. Informasi itu dapat diperoleh melalui media
massa atau media audio visual. Selain itu, ada juga surat lamaran pekerjaan
yang dibuat atas inisiatif pelamar sendiri. Surat lamaran merupakan surat
resmi. Bahasa yang digunakan dalam surat resmi adalah bahasa resmi juga.
Kalimat yang digunakan dalam surat resmi tidak bertele-tele dan langsung
menyebutkan maksud mengirim surat.
Kalimat yang digunakan
dalam surat resmi menyebut langsung siapa penerima surat atau kata sapaan yang
menggantikan penerima surat. Surat resmi tidak menggunakan kata ganti –nya
untuk menyebut penerima surat. Penulisan nama, tempat, tanggal lahir, dan
alamat menggunakan huruf kecil karena masih merupakan kesatuan dengan kalimat
sebelumnya. Setelah tanda titik dua barulah nama, tempat, tanggal lahir, alamat
dan pendidikan pelamar diwakili huruf besar. Penulisan tempat dengan tanggal
lahir dipisahkan tanda koma. Jika dalam alamat menunjukan nama jalan, kata
jalan ditulis langsung diawali huruf besar Jalan. Singkatan sarjana dapat
ditulis S1 atau S-1.
#Contoh surat lamaran
pekerjaan:
Bogor,
21 April 2013
Perihal : Permohonan menjadi karyawan
Lampiran
: 5 eksemplar
Yth.
Kepala Divisi Personalia
Bagian
Sumber Daya Manusia
Kotak
Pos 19/JKPGT
Jakarta
10345
Dengan
hormat,
Berdasarkan iklan yang dimuat di harian
kompas, tanggal 20 April 2013, perusahaan media cetak membutukan karyawan untuk
menduduki jabatan kepala seksi administrasi, staf penjualan dan sekretaris
esekutif. Sesuai dengan jenis lowongan tersebut, dengan ini saya ingin mengisi
lowongan sebagai staf penjualan. Adapun identitas saya,
nama : Anisa Putri
tempat,
tanggal lahir: Bogor, 24 Mei 1984
pendidikan
terakhir : Sarjana Ekonomi, Jurusan
Manajemen
alamat : Jalan Anggrek 6, Bogor.
Telepon (0251) 986712
Sesuai
dengan persyaratan yang telah disebutkan, saya mempunyai kualifikasi yang cuku
memadai untuk melakukan pekerjaan di bidang penjualan. Oleh karena itu, bersama
ini saya lampirkan beberapa berkas yang menunjukan kualifikasi saya yang dapat
digunakan bahan pertimbangan.
1.
Foto copi ijazah terakhir dan transkipnilai
2.
Piagam penghargaan
3.
Foto copi ijazah komputer Ms.Office
4.
Surat keterangan berkelakuan baik
5.
Daftar riwayat hidup
Atas
pertimbangan dan perhatian Bapak/Ibu terhadap surat lamaran ini, saya
emngucapkan terima kasih.
Hormat saya
Anisa
Putri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar