Sabtu, 26 Oktober 2013

WORK BREAKDOWN STRUCTURE (Penulisan Ilmiah)

Work Breakdown Structure (WBS) merupakan perangkat yang membantu kita untuk menentukan dan mengelompokkan elemen-elemen pekerjaan (tugas) dan membantu mengetahui Ruang Lingkup pekerjaan.
Pada prinsipnya Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan), alasan perlunya WBS adalah :
  • Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.
  • WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.
Adapun Manfaat Work Breakdown Structure (WBS) adalah :

  • Mengurangi kompleksitas
  • Fasilitas penjadwalan dan pengendalian
  • Estimasi Biaya (Cost Estimation)
  • Penyusunan anggaran (Cost Budgeting)
  • Perencanaan manajemen Risiko (Risk Management Planning)
  • Identifikasi aktivitas(Activity Definition)


Memahami Work Breakdown Structure (WBS) dan lingkup pekerjaan adalah langkah pertama dalam menyusun rencana proyek. Pembahasan yang akan saya lakukan yaitu pada proyek Penulisan Ilmiah, lebih khusus pada proyek PEMBUATAN WEB PT. ARDI USAHA TAMA MENGGUNAKAN ADOBE DREAMWEAVER CS6, PHP & MySQL. untuk membuat web tersebut saya melakukan langkah-langkah yang terstruktur agar web tersebut selesai dengan rapih. Dimana yang pertama saya melakukan suatu konsep terlebih dahulu , saya ingin membuat web apa. Langkah selanjutnya yaitu membuat struktur navigasi & storyboard web yang akan saya buat.Setelah itu langkah seanjutnya saya merancang tampilan desain program,yang kemudian diteruskan dengan melakukan uji coba yaitu
mengupload website dari localhost kedalam jaringan internet melalui sebuah domain.Apabila semuanya telah terselesaikan makan langkah terakhir yaitu mencoba web tersebut.

berikut ini merupakan contoh pengaplikasian WBS pada penulisan ilmiah saya:



berikut ini merupakan struktur navigasi penulisan ilmiah saya:
# Struktur Navigasi User


# Struktur NavigasiAdmin


bentuk dasar dari WBS yang digunakan dalam proyek tersebut, yaitu :
Pada web ini struktur program yang digunakan adalah struktur navigasi campuran, baik struktur navigasi user maupun struktur navigasi admin. Program ini dikatakan struktur navigasi campuran dikarenakan program
dapat memberikan keinteraksian yang lebih tinggi atau bebas kembali ke menu apa saja yang di inginkan.

berikut ini merupakan storyboard penulisan ilmiah saya:
# Storyboard user


dari storyboard user di atas kita dapat mengetahui tampilan web yang akan di buat seperti menu-menu apa saja yang ada di web. tampilan menu utama adalah menampilkan video company profile,slide foto, dan slide event. pada menu about menampilkan about perusahaan, pada menu our project menampilkan jasa yang di tawarkan, pada menu event menampilkan daftar event yang telah berlangsung, pada menu news menampilkan daftra event yang akan berlangsung, pada menu gallery menampilkan foto-foto, pada menu forum menampilkan forum tanya jawab, dan pada menu contact menampilkan alamat serta kontak perusahaan.



# Storyboard Admin


sama seperti storyboard user, hanya saja storyboard admin kegunaannya hanya untuk menyimpan, meng-edit dan menghapus data yang telah di simpan pada admin.

Dengan menggunakan WBS ini, maka saya dapat mengetahui dari mana saya bisa memulai pengerjaan pembuatan website saya dan juga WBS ini dapat menggambarkan bagaimana alur dari website saya, sehingga bisa terlihat ketika masuk ke sebuah menu, maka menu mana lagi yang akan dituju bisa terlihat dengan ada nya hal ini.




Sumber:
http://rianfadilah9.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-wbs-dengan-contoh-sesuai.html 
http://muaramasad.blogspot.com/2013/01/bagaimana-cara-membuat-wbs-dengan.html
http://bhobob.blogspot.com/2012/11/cara-membuat-wbs-dengan-contoh-sesuai.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar