Jumat, 15 Maret 2013

BAHASA INDONESIA MENURUT SAYA



   Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi  Negara Indonesia yang dimana tertera di dalam Undang-undang Dasar RI 1945,Pasal 36 dan merupakan bahasa persatuan masyarakat atau penduduk Indonesia. Bahasa  Indonesia itu sendiri menurut saya unik di bandingkan bahasa negara lain,mengapa demikian? Karena hanya negara Indonesialah yang memiliki  beraneka ragam bahasa dari sabang sampai merauke, contoh nya saja jika kita tinggal di Jawa Barat masyarakatnya menggunakan bahasa sunda,jika di Jawa Tengah/Jawa Timur masyarakatnya menggunakan bahasa Jawa,jika di Bali mengunakan bahasa Bali, jika di Sumatra/Sulawesi masyarakatnya mengunakan bahasa melayu dll, seperti semboyan Negara Indonesia “Bhineka Tunggal Ika: berbeda-beda tetapi satu juga”, Sedangkan jika bahasa Negara lain hanya memiliki bahasa satu saja contoh saja Negara Thailand masyarakatnya menggunakan bahasa tagalong ,Negara America,Mexico,Australia dll hanya menggunakan bahasa inggris. 

   Seharusnya kita bangga sebagai orang Indonesia memiliki keaneka ragaman bahasa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidpuan sehari-hari. Namun faktanya lain, kebanyakan masyrakat Indonesia  lebih bangga menggunakan bahasa luar negri yaitu menggunakan bahasa Inggris dibandingkan bahasa Indonesia itu sendiri, bisa dikatakan masyarakat Indonesia lebih mengikuti tren dan agar dilihat lebih oke menggunkan bahasa inggris. Tidak itu saja masyarakat Indonesia pun lebih mudah memahami bahasa Inggris dibandingkan bahasa Indonesia,contohnya saja dalam dunia pendidikan kebanyakan murid-murid mengeluhkan akan sulitnya pelajaran bahasa Indonesia seperti menentukan tanda titik atau koma,huruf besar atau kecil suatu kalimat, menggunakan bahasa sesuai EYD dll. Tak di ungkiri saya pun selalu mengalami kesulitan dalam pelajaran bahasa Indonesia dan hampir tak perduli akan pelajaran bahasa Indonesia, namun dengan seiringnya waktu saya menyadari akan pentingnya pelajaran bahasa Indonesia , contohnya saja semester 6 ini saya akan menghadapi Penulisan Ilmiah atau lebih di kenal dengan sebutan PI , yaitu d samping judul yang saya perhatikan saya pun harus memeperhatikan tata bahasa yang saya gunakan dalam Penulisan Ilmiah ini agar tidak ada bahasa yang ngaur atau tidak sesuai EYD.

Disisi lain masyarakat Indonesia pun lebih menyukai mengunakan bahasa-bahasa gaul atau lebih dikenal dengan bahasa alay, seperti menyebut orang dengan sebutan lw-gw,penulisan dalam sms dengan di singkat-singkat, menggunakan bahasa kasar dll. Seharusnya sebagai masyarakat Indonesia kita bangga atas apa yang kita punya sejak dulu dan melestarikannya. Kelak nanti kita akan sadar bahwa bahasa Indonesia itu penting dalam kehidupan sehari-hari.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar