UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
TUGAS
PENGANTAR TELEMATIKA
PERAN KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA PADA
MOBIL
Nama &
NPM : 1.Fitri Yani (12110842)
2. Nonik
(15110023)
3. Siti
Nurfana Sabatian (16110606)
Fakultas : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Jurusan : Sistem Informasi
Kelas : 4KA11
Depok
2013
ABSTRAKSI
Nonik (15110023), Siti Nurfana
(16110606), Fitri Yani (12110842)
PERAN
KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA PADA MOBIL
Tugas Pengantar Telematika. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, 2013
Tugas Pengantar Telematika. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, 2013
Kata Kunci: Kolaborasi Antar Muka
Otomotif Multimedia, Mobil
Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk lebih memahami
peran kolaborasi antarmuka otomotif multimedia pada mobil, serta Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan. Automotive Multimedia
Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi
Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform sofware
yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment. Dalam
kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software
yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis
wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan
software aplikasi yang luas. MMI mengoperasikan sejumlah besar
dalam komponen hiburan mobil, elektronik mobil, dan fungsi lainnya. Daftar di
bawah ini menunjukkan ruang lingkup dari sistem dikendalikan oleh MMI. Namun,
tergantung pada model mobil yang sebenarnya, bersama dengan versi yang telah
ditentukan (MMI dasar, MMI Tinggi, dll), hanya beberapa, dan tidak semua fungsi
akan diterapkan atau tersedia.
(2013)
DAFTAR ISI
Halaman
Judul …………..…………………………………............................
i
Abstraksi
……………………..………………………………..……………. ii
Daftar
Isi………………………………..…………………………………….. iii
BAB
I PENDAHULUAN…….……………………………………………... 4
1.1 Latar Belakang………………………….………………………............. 4
1.2 Tujuan penulisan……………………………………………….….......... 4
1.3 Metode penulisan …………………………………………………........ 5
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA………………………….…………………....6
2.1 Definisi Antar Muka dan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia ...... 6
2.2 Sejarah Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil..............6
2.3 Struktur Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia................................7
2.1 Definisi Antar Muka dan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia ...... 6
2.2 Sejarah Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil..............6
2.3 Struktur Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia................................7
BAB
III PEMBAHASAN……………………………………....…………….. 8
3.1 Sejarah Mobil………………………………………………......................8
3.2 Tujuan
Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil………… 8
3.3 Komponen
Arsitektur AMIC Pada Mobil
………………………………....9
3.4 Konsep
Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil………...10
3.5 Fungsi Kontrol MMI Pada Mobil………………………………………….11
BAB IV PENUTUP.............................................................................................12
4.1 Kesimpulan..................................................................................................12
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................13
BAB IV PENUTUP.............................................................................................12
4.1 Kesimpulan..................................................................................................12
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................13
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan dunia otomotif di
beberapa ystem khususnya Indonesia saat ini melaju dengan sangat cepat.
Tingginya permintaan atas kendaraan roda empat ini merangsang minat para
investor baik yste maupun investor luar negeri berlomba lomba untuk menjalankan
bisnis ini dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar besarnya.
Kendaraan akan
mengalamin peningkatan perlengkapan dengan ditambahkannya ystem digital yang
mendukung beberapa aplikasi seperti untuk mengakses informasi, komunikasi,
kemanan dan internet. Ketertarikan terhadap aplikasi multimedia pada kendaraan
meningkat, misalnya pada periode 2003-2005. Seperti: pengenalan aplikasi
real-time, kamera kecepatan tinggi, seiring dengan semakin meningkatnya
komersialisasi lalu lintas multimedia dan pelayanan pariwisata dan travel. Oleh
sebab itu, kebutuhan akan multimedia bus yang diletakkan pada kendaraan akan meningkat.
Automotive Multimedia
Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi
Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform ysteme
yang dibangun untuk informasi mobile dan ystem entertainment. Dalam
kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software
yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis
wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan
software aplikasi yang luas.
1.2 Tujuan penulisan
Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk lebih memahami
peran kolaborasi antarmuka otomotif multimedia pada mobil, serta Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan ystem elektronik kendaraan.
1.3 Metode penulisan
Metode yang digunakan dalam pembuatan jurnal ini adalah dengan literature.
Yaitu mencariinformasi yang berhubungan dengan kolaborasi antarmuka otomotif
multimedia dalam perkembangan mobil dari beberapa sumber, baik itu melalui
browsing maupun dari buku.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Definisi Antar Muka dan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia
· Antar
muka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi
sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka
adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.
Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical
User Interface(GUI).
· Kolaborasi
antar muka otomotif multimedia adalah dalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau
computer dan radio dalam mobil. Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum
tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bisa
saja mengganggu sistem keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan.
Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
2.2 Sejarah
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di
dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General
Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan
dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set
umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di
belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia.
Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua
faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru. Makalah
membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi seperti
Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk
menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
Depan yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface
Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394
spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen
sekarang milik 1394TA:
•AMI-C 3023 Power Management Specification
•AMI-C 3013 Power Management Architecture
•AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
•AMI-C 3034 Power Management Test Documents
•AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
2.3
Struktural Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi:
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi:
BMW,
DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA /
Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan
kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa
depan
BAB III
PEMBAHASAN
3.1
Sejarah Mobil
Mobil
(kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan
Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang
membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil
disebut menyetir. Kendaraan
pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand
Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm
untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah
model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.
Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan
Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga
melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip
dengan sebuah kereta salju. Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad
18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga
itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin
peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris
oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali
dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga
mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber
tenaga di Amerika Serikat.
3.2
Tujuan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil
·
Menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
·
Meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
·
Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan
dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan
memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak
pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
·
Menawarkan standar terbuka dan
spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan
dunia luar.
3.3 Komponen
Arsitektur AMIC Pada Mobil
Komponen Arsitektur AMIC memiliki
empat komponen :
- In-Vehicle Jaringan
-
Jaringan perangkat
- Kendaraan
Antarmuka - Host
(platform komputasi)
Arsitektur AMIC:
3.4
Konsep Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil
MMI terdiri dari satu perangkat hiburan yang dapat
mengontrol semua fungsi hiburan di dalam mobil, hal ini dapat mengurangi
banyaknya tombol-tombol di dashboard. Sistem ini terdiri dari terminal MMI dan layarnya.
Perangkat utama dari MMI adalah unit kontrol yang ada di
tengah. Kontrol ini dapat berputar untuk menunjukkan menu atas dan bawah, dan
ditekan untuk mengaktifkan tombolnya. Selain itu, ada 4 atau 8 tombol
(tergantung tipe apa yang dipasang di mobil itu) di sekelilingnya yang juga
dapat digunakan untuk memanggil menu. Layar MMI dapat berupa layar 5 inci
monokrom hitam dan merah atau 7 inci 16:9 full colour. MMI menggunakan
teknologi Media Oriented Systems Transport (MOST) untuk menghubungkan semua sistem-sistem
ini. Harman Becker memproduksi sistem ini, menggunakan software QNX Neutrino,
Real Time Operating System (RTOS).
Kontrol MMI Pada Mobilo Audi Q7
Kontrol MMI Pada Mobilo Audi Q7
3.5 Fungsi Kontrol MMI Pada Mobil
MMI
mengoperasikan sejumlah besar dalam komponen hiburan mobil, elektronik mobil,
dan fungsi lainnya. Daftar di bawah ini menunjukkan ruang lingkup dari sistem
dikendalikan oleh MMI. Namun, tergantung pada model mobil yang sebenarnya,
bersama dengan versi yang telah ditentukan (MMI dasar, MMI Tinggi, dll), hanya
beberapa, dan tidak semua fungsi akan diterapkan atau tersedia.
Fungsi tombol-tombol MMI :
- Navigasi satelit, termasuk manajemen
lalu lintas (TMC)
- Radio tuner
- CD Changer
- TV Tuner
- Telepon & Direktori
- pemanas, ventilasi, AC / Kontrol
Iklim, dan kursi pemanas
- Mobil Setup (misalnya kunci sentral
dan fungsi kenyamanan (pulang / meninggalkan rumah
listrik sunroof dan jendela)
pilihan, pengaturan audio global, pengaturan suspensi dll)
- Informasi pengemudi (statistik
ekonomi misalnya bahan bakar (sering diliputi oleh "komputer
perjalanan" fungsi), tingkat baterai, ban-tekanan pemantauan, dll)
- User Manual (full on-board mobil
petunjuk pengguna, ditampilkan pada layar)
BAB IV
PENUTUP
Dalam jurnal ini dapat
disimpulkan bahwa Automotive Multimedia Interface Colaboration (AMI-C) dapat
membuat setiap pengemudi merasa nyaman dalam berkendara pada situasi bagaimana
pun . Salah satunya perangkat
utama dari MMI yaitu unit kontrol yang ada di tengah. Kontrol ini dapat
berputar untuk menunjukkan menu atas dan bawah, dan ditekan untuk mengaktifkan
tombolnya.
Selain itu MMI juga mengoperasikan sejumlah
besar dalam komponen hiburan mobil, elektronik mobil, dan fungsi lainnya.
Daftar di bawah ini menunjukkan ruang lingkup dari sistem dikendalikan oleh
MMI. Namun, tergantung pada model mobil yang sebenarnya, bersama dengan versi
yang telah ditentukan (MMI dasar, MMI Tinggi, dll), hanya beberapa, dan tidak
semua fungsi akan diterapkan atau tersedia.adapun yang harus
diperhatikan yaitu, urutan menu yang perlu diakses dalam rangka untuk
mengubah pengaturan tertentu agar lebih mudah menjalankannya pada saat kita
mengemudi.
DAFTAR PUSTAKA
[2] URL: http://jelajahiptek.blogspot.com/2012/06/pengertian-mobil-dan-asal-mulanya.html , 04/01/2014
[4]
URL: http://trick77.com/tools/mmi3g_vimcode.php,
04/01/2014
[6]
URL: http://keyropisabatian.blogspot.com/2013/12/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
, 08/01/2014
[7]
URL:
http://en.wikipedia.org/wiki/Multi_Media_Interface
, 08/01/2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar